Social Roles Profesi Surirumah

0
148
Profesi Surirumah

Melanjutkan TELAAH kemarin jalan kaya raya, ada permintaan menguraikan Social Roles (SR) profesi surirumah. Memang betul bahwa surirumah (singkatan dari permaisuri rumah atau ibu rumah tangga) itu adalah sebuah profesi. Artinya untuk menjadi surirumah memerlukan serangkaian sikap, mental, dan kecakapan khusus yang layak untuk dihargai, bukan hanya dengan pujian, SK (baca: surat nikah), bahkan dengan bayaran.

Profesi Surirumah

Surirumah secara umum akan memilih jalan RATING, sehingga cara kerjanyapun ikut rating. Kepuasan suami dan anak-anak, serta keluarga besarnya yang menjadi ukurannya. Setelah pontang-panting seharian menangani segala urusan teknis kerumah-tanggaan dengan segala pernak-perniknya, bagi yang memilih jalan RATING, ujungnya tetap diukur dari kepuasan terutama suami. Menurut Islam disebut dapat ridlo suami. Kalau sudah ‘berdarah-darah’ ngurus rumah tangga, tapi suami masih bilang “koq begini, koq begitu” ini pertanda rating belum maksimal.

Memperoleh rating maksimal jika terucap kata puas dan ridlo dari suami, anak, dan keluarga besarnya tanpa cela, tanpa tapi, tanpa koq-koq.., dan membuat seluruh anggota keluarga betah di rumah. Rumah menjadi surga kecil. Tertata, bersih, makanan selalu tersaji, lezat, adem, bikin betah. Bahkan terkonsep: service excellent, parenting terbaik, diet keluarga, program excercise, ruang ilmu, ekspresi seni, kebebasan bertanggung jawab, ruang ‘me time’ bagi keluarga dll.

Bagaimana jika bukan RATING?

  • Surirumah TARIF, artinya pekerjaan rumah dibikin paket-paket terpisah dan masing-masing diberi tarif yang harus dibayar suami. Ini tidak lazim.
  • Surirumah PRESTASI, karena sudah memiliki kompetensi dan skill khusus mengikuti ajang kejuaraan-kejuaraan sehingga layak mendapat medali. Ini juga tidak lazim. Hampir dibilang tidak ada ajang-ajang bagi surirumah.
  • Surirumah LABA, salah satu hitungannya adalah harta gono-gini.
  • Surirumah GAJI, setiap bulan suaminya memberikan uang jatah istri diluar uang belanja.

Memang yang terbaik konsep surirumah yang berangkat dari penyatuan akun istri dengan suami. Sehingga menjadi sulit dipisahkan keberhasilan istri dan suami serta anak-anak. Surirumah hebat yang sekaligus membikin suami hebat dan anak-anak hebat. RATING adalah jalan terbaik bagi para surirumah. Mengenali postur genetik seluruh keluarga akan memudahkan menciptakan keluarga hebat yang samara ■ 190518

Farid Poniman
Penemu STIFIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Ketikkan komentar anda
Please enter your name here