Mahathir Layak Dapat Hadiah Nobel

0
38
Hadiah Nobel

Hadiah Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. (wikipedia)

Hadiah Nobel merupakan penghargaan tertinggi terhadap tokoh yang memiliki jasa besar terhadap dunia. Ukurannya adalah memberikan kebermanfaatan besar untuk umat manusia.

Mahathir Mohammad terpilih sebagai Perdana Menteri Malaysia baru-baru ini pada umurnya yang sudah mencapai 92 tahun. Ini mengisyaratkan bahwa pada umurnya yang sudah sepuh tersebut ia tidak menghindar bahkan terpanggil buat turun ke gelanggang politik demi rakyat dan negara Malaysia. Bahkan harus melengserkan UMNO sebagai partai yang dulu dibesarkannya.

Layak Menerima Hadiah Nobel

Apa yang membuat ia layak menerima Hadiah Nobel ?

  1. Ia lah peletak kemajuan ekonomi Malaysia ketika dulu pertama kali menjadi PM.
  2. Dibalik peran besar memajukan Malaysia, ia mengakui kesalahan besar dalam menentukan penerusnya. Abdullah Badawi yang lemah, dan Najib yang serakah, serta mengabaikan kebaikan Anwar Ibrahim yang sempat dipenjarakannya. Mengakui kesalahan tersebut secara jantan telah meletakkannya sebagai ‘Orang Besar’.
  3. Ia langsung menggebrak melakukan pemulihan ekonomi Malaysia dengan: menghentikan mega proyek jalur kereta cepat ke Singapura, meminta kesediaan pegawai kerajaan untuk memotong gaji mereka, hilangkan kebiasaan berbiaya tinggi yang dicontohkannya dengan tidak tinggal di istana.
  4. Ia melakukan pengorbanan itu semua untuk mempersiapkan jalan bagi tokoh protagonis Malaysia Anwar Ibrahim demi Malaysia yang lebih baik ke depan.
  5. Pemihakannya kepada kekuatan pribumi dan membatasi dari intervensi asing (aseng) sangat tegas dan disegani oleh entitas China di Pakatan Harapan. Termasuk langsung menghapus JNT sebagai pajak konsumsi yang mencekek masyarakat.

Baca juga :

Mahathir telah membuktikan berada di matra moraliti yang cakupannya internasional. Apa yang dilakukannya menjadi inspirasi bagi segenap umat manusia di seluruh dunia. Moraliti demi kekitaan telah dibuktikannya dengan fasih. Pada saat yang sama tidak tampak sedikitpun keakuannya. Ia telah selesai dengan dirinya, sekarang sisa umurnya demi memanfaatkan pengalamannya yang segudang dan pemihakannya kepada ekonomi pribumi. Mahathir adalah simbol tokoh melayu. Dan layak menerima Hadiah Nobel ■ 300518

Farid Poniman
Penemu STIFIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Ketikkan komentar anda
Please enter your name here