Konsep STIFIn Berdasarkan Konsep Triune Brain

0
171
Triune Brain

Konsep Triune Brain

Menurut neurosaintis Paul D McLean dengan Konsep Triune Brain membagi 3 otak manusia yang terdiri atas otak insani, otak mamalia, dan otak reptilia. Berdasarkan Konsep Triune Brain, otak insani menempati posisi teratas dalam evolusi otak manusia.

STIFIn sendiri berpendapat bahwa penyebutan otak insani yang mengesankan bahwa otak ini yang paling berbudaya dan paling tinggi kelasnya dibanding yang lain adalah keliru. Kami tidak sependapat dengan konsep ini karena setiap kecerdasan memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Tapi kita di sini tidak datang untuk mendebat Konsep Triune Brain Strata otak McLean.

Otak Insani

Otak insani versi McLean ditempati oleh Mesin Kecerdasan Thinking (T) dan Intuiting (I). Mereka dengan kecerdasan T dan I memiliki kelas tersendiri karena keduanya memiliki kesamaan dalam hal intelektualitas. Keduanya sama-sama jago dalam mengatur strategi, tidak mudah didikte, punya prinsip dan pola tersendiri, serta sama-sama keras kepala mempertahankan prinsipnya.

Otak Mamalia

Sedangkan kotak Sensing (S) dan Feeling (F) berada pada strata otak mamalia (versi McLean). Mamalia jenis S berarti tukang makan, sedang mamalia jenis F berarti tukang kawin dan beranak. S dan F adalah sama-sama orang ‘lapangan’, lapangan rumput seperti mamalia. Mereka sama-sama eksekutor yang lebih menguasai arena kerja. Mereka sama-sama lebih tahan banting dibanding mereka yang memiliki otak insani.

Orang S menguasai keterampilan teknis operasional, sedangkan orang F mahir dalam menggerakkan orang. Lihat, tipe ini tidak lebih buruk atau tidak lebih rendah kelasnya bukan, meski otaknya adalah otak mamalia.

Otak Reptil

Strata terendah dalam konsep MacLean adalah otak reptilia yang dimiliki kecerdasan Insting (In) versi STIFIn. Reptil digambarkan sebagai buas, berbadan besar, tapi otaknya kecil sehingga gampang punah. Seperti halnya reptil, orang In merespon sangat cepat bahkan cenderung spontan apa saja dari lingkungannya. Tidak berpikir panjang, lugu, dan cenderung naif.

Keunggulan otak reptilia ini adalah spiritualitasnya yang tinggi, suka menolong dan berkorban demi kepentingan yang lebih besar. Jadi, sekalipun otaknya, menurut Triune Brain-McLean, lebih rendah dari otak lain tapi ternyata dialah yang paling memiliki spritualitas tinggi.

Kekuatan Dan Kelemahan Satu Paket.

Jadi masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan bukan?
Coba perhatikan ini:
Thinking yang logis dan objektif, cenderung raja tega.
Intuiting yang kreatif dan konseptor, cenderung a-sosial.
Sensing yang dianggap suka bersenang-senang, rajin dan ulet.
Feeling yang, upss.., dianggap mata keranjang, eh… malah sangat pandai berempati serta memahami perasaan orang lain.
Insting yang buas memiliki kesalehan tinggi.

Pendek kata, pada setiap Mesin Kecerdasan yang memiliki kelebihan pasti akan selalu diikuti kelemahan pada sisi yang lain sebagai satu paket yang harus diterima sebagai fitrah kesejatian yang sejajar. Kesimpulannya,

Konsep STIFIn Mendudukkan Tiga Strata Paul D McLean Sebagai Sederajat,
Bukan Sebagai Strata Yang Bertingkat

TINGGALKAN KOMENTAR

Ketikkan komentar anda
Please enter your name here