Kemampuan Monetisasi

0
17
Kemampuan Monetisasi

Kemampuan monetisasi mencerminkan kecerdasan seseorang dalam mengarungi kehidupan, tidak hanya bagi pebisnis juga bagi selain pebisnis, sebagaimana dibahas pada Memonetisasi Jalan Genetik

Kemampuan Monetisasi itu sebenarnya adalah menyediakan wadah, agar rezeki yang telah ditetapkanNya dapat ditampung. Sekali lagi, menyiapkan wadah mulai dari semangkok sampai sebendungan terhadap air yang jatuh atau mengalir dari atas adalah cerdas. Sementara banyak orang karena tidak menyiapkan wadahnya, air menjadi berceceran.

Kemampuan memonetisasi adalah kerja cerdas

Jika kemampuan memonetisasi adalah termasuk jenis KERJA CERDAS, urutan berikutnya adalah KERJA IKHLAS. Bagaimana mengkonkritkan kerja ikhlas tersebut? Kalau monetisasi menghitung jumlah profit atau penghasilan yang akan diterima, maka kerja ikhlas menghitung zakat yang akan diberikan. Keduanya sama-sama didisain di depan. Bedanya, monetisasi mendisain yang akan diterima sedangkan zakat mendisain yang akan dikeluarkan. Monetisasi menakar wadah sedangkan zakat menakar ‘air’ atau rezeki yang akan masuk. Monetisasi urusan akal, zakat urusan qalbu.

Jika kita menetapkan zakat yang akan diberikan tahun ini sebesar 12,5 juta, karena zakat sebesar 2,5%, maka nilai 100% menjadi 500 juta. Inilah yang dimaksud menakar ‘air’ atau rezekinya. Maka doanya menjadi “Yaa Rabb, mampukanlah hamba untuk berzakat 12,5 juta tahun ini”. Tidak perlu dibilang lagi, artinya kita berdoa untuk dapat uang 500 juta pada tahun ini.

Sesungguhnya, KERJA KERAS, KERJA CERDAS, dan KERJA IKHLAS dapat dilakukan bersamaan. Jadi sempurnanya begini:

  • Tetapkan Social Roles,
  • Ikhtiarkan profesi yang dipilih hingga jalan yang dipilih (satu diantara tarif, prestasi, laba, rating, dan gaji) mewujud,
  • Otomatis KKM (kesungguhan kebiasaan sesuai makaanah) istiqamah dijalankan,
  • Disain monetisasi dipikirkan sebaik mungkin, dan
  • Qalbu secara paralel memulai dengan meng-azzam-kan secara kuat target zakat yang akan dikeluarkan.

Insyaallah akan hidup bahagia dunia akhirat ■ 280518

Farid Poniman
Penemu STIFIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Ketikkan komentar anda
Please enter your name here