Kecerdasan Dominan Hanya Satu

0
96

Otak manusia dibagi ke dalam lima kuadran, tapi 1 yang menjadi Kecerdasan Dominan.

  1. Limbik kiri atau otak kecil dibagian bawah
  2. Neocortex kiri atau otak besar kiri
  3. Neocortex kanan atau otak besar kanan
  4. Limbik kanan atau otak kecil kanan bawah
  5. Otak tengah yang menjadi penyangga ke empat belahan otak lainnya

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pemenang hadiah Nobel Kedokteran Roger Sperry pada pasien yang menderita epilepsi menemukan bahwa otak terspesialisasi kiri dan kanan dan keduanya bisa bekerja tanpa tergantung satu sama lainnya. Ringkasnya otak kiri dan kanan independen dalam menjalankan fungsinya.

Pertanyaannya adalah apakah masing masing bagian otak yang terhubung dengan kecerdasan itu memiliki peran yang timbangannya sama atau ada yang dominan? Jawabannya, seperti yang dikatakan Carl Gustav Jung, ada satu yang kecerdasan dominan yang mendominasi yang lain. Dan kami STIFIn setuju dengan itu.

Daya Jalar Kecerdasan Dominan

Menurut konsep STIFIn setiap orang memiliki seluruh otak, namun hanya ada satu yang memimpin, yang dominan (sebaliknya menurut MI ada dua, tiga, atau empat yang dominan). “A specialist in the construction of the whole” kata Daoed Joesoef.

Dalam satu keluarga yang terdiri atas bapak-ibu-anak, posisi pemimpin dipercayakan kepada bapak. Jika sang bapak maju, maka semua keluarga maju. Sehingga konsentrasi perhatian keluarga diprioritaskan pada sang bapak. Konsep kecerdasan tunggal yang dipakai STIFIn lebih aplikatif karena ternyata kecerdasan dominan (seperti sang bapak) mampu memiliki daya jalar yang lebih baik.

Sementara kalau menurut konsep MI investasi yang dimiliki keluarga disebar kepada semuanya, sehingga postur investasi dalam keluarga terpolarisasi. Ingat bahwa kecerdasan yang lemah (dimetaforkan ibu anak) tidak memiliki daya jalar sebagaimana kecerdasan dominan (dimetaforkan bapak).

Jika ada tiga orang yang keluar dalam perjalan, hendaknya mereka mengangkat salah satu sebagai pemimpin (Hadits). Tiga orang saja udah diperintahkan mengangkat salah satu jadi pemimpin. Apalagi jika ada 5 bagian otak yang ada dikepala, pastilah ada 1 yang menjadi pemimpinnya itulah yang menjadi Kecerdasan Dominan nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Ketikkan komentar anda
Please enter your name here