Cara Memberikan Penghargaan (Reward) Kepada Anak

0
1094
Memberikan Penghargaan

1Memberikan Penghargaan Terhadap Anak

“Teh kiki, bagaimana ya sebaiknya memberikan penghargaan terhadap anak agar anak bisa ikhlas beramal dan tidak matre, dan bagaimana reward yang efektif bagi anak agar anak semangat melakukan sesuatu?”

Sebagai orang tua tentu kita berharap anak mampu melakukan sebuah amal secara ikhlas hanya untuk Allah. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita menyertakan pesan Allah dan Rasulullah SAW dalam memberi nasihat dan dorongan beramal. Namun untuk anak usia dini, nasihat perlu dibarengi dengan penjelasan dan sebab akibat yang lebih konkrit dan dekat dengan kehidupan mereka. Sejalan dengan usia anak, mereka akan berproses untuk bisa beramal ikhlas karena Allah.

Dalam menyampaikan nasihat, upayakan mendahulukan kabar gembira dibanding ancaman sebagaimana hadist Rasulullah SAW

Dari Ibnu Abbas r.a: Rasulullah SAW, “ajarilah, permudahlah, jangan engkau persulit, berilah kabar gembira, jangan engkau beri ancaman. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya diam” (H.R Ahmad dan Bukhori)

Terkait dengan hal yang konkrit, terkadang hadiah sebagai apresiasi dari latihan ibadah juga mewarnai prosesnya. Karena bagi anak usia dini konsep pahala dan dosa masih abstrak.

Anak membutuhkan waktu untuk belajar ikhlas. Rasulullah pun sering memberikan hadiah kepada anak-anak. Jadi reward hanya bumbu tambahan dalam proses pengasuhan. Tentunya tergantung kemahiran kita dalam mengkomunikasikan reward. Namun jangan lupa bahwa yang utama adalah memberikan pemahaman tentang keutamaan amal serta menginternalisasikan nilai-nilai ilahiah kedalamnya.

Sejalan dengan usia mereka, biasanya mereka tidak membutuhkan reward kongkrit lagi. Mereka akan paham bahwa Allah yang menilai. Tapi anak membutuhkan waktu untuk bisa mencapai maqom seperti itu.

Kembali

TINGGALKAN KOMENTAR

Ketikkan komentar anda
Please enter your name here